Adsense Indonesia

Apa itu Bandwidth ?



Pada artikel kali in saya akan memberikan penjelasan mengenai Bandwidth. Sebenarnya sudah banyak artikel terkait yang menjelaskan apa itu Bandwidth, tapi karena banyak yang bertanya melalui email maupun YM mengenai hal ini maka saya memberanikan diri untuk menulis uraian seputar Bandwidth dan mudah mudahan berguna untuk menambah wawasan khususnya bagi yang belum tahu.
Istilah bandwidth selalu dipakai dalam penawaran hosting dari perusahaan penyewa Hosting, yang biasanya juga menyediakan Domain untuk di beli.
 Jadi apa itu bandwidth dalam dunia web hosting ? Berikut akan kami jelaskan pengertian
bandwidth sehingga anda bisa mengetahui dengan benar mengapa ada perhitungan bandwidth dalam setiap paket hosting.
Bandwidth adalah besaran transfer data yang diperbolehkan dalam suatu paket hosting. Misalkan anda memiliki halaman web sebesar 53KB, maka setiap pengunjung halaman web anda yang membuka halaman tersebut akan mengunduh/download informasi/data sebesar 53KB ke komputer mereka. Jika ada 100 pengunjung ke halaman tersebut maka telah terjadi transfer data sebesar 5300 KB dari server dimana file anda berada ke komputer pengunjung. Jadi Bandwidth adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan besaran data yang telah ditransfer keluar dari kuota space hosting anda.
Seberapa besar bandwidth yang anda butuhkan ? Besaran bandwidth yang anda butuhkan tergantung dari 2 faktor:
Ø       Besar file dalam website anda.  Semakin besar file yang akan diakses oleh pengunjung website anda, maka semakin besar kebutuhan bandiwdth anda.
Ø       Popularitas website anda. Semakin populer website anda, maka akans emakin banyak pengunjung yang akan melihat website anda dan semakin besar pula kebutuhan bandiwdth hosting anda.
Nah.. bagi anda yang ingin menyewa hosting bisa menghitung sendiri seberapa besar kebutuhan Bandwidth yang di butuhkan berdasarkan kriteria diatas. Saran saya jika anda akan menyewa hosting maka berikan kelonggaran kuota dari kebutuhan bandwidth anda setiap bulannya, maksud saya apabila kebutuhan bandwidth untuk mengakses keseluruhan halaman web anda sebesar 1GB, maka sewalah hosting dengan besaran bandwidth 1,5Gb atau 2GB. Hal ini untuk mengantisipasi adanya lonjakan traffick atau pengunjung web anda . Dan apabila kuota bandwidth anda habis sebelum akhir bulan maka web anda tidak bisa di akses dan akan error sampai bulan berikutnya. Biasanya, paket hosting menawarkan bandiwdth dalam ukuran Gigabyte (GB) per bulan.
Kalau anda akan menyewa Hosting saya rekomendasikan untuk menyewa di klikhost (jual hosting dan domain). Anda bisa mencari harga yang sesuai dengan kebutuhan anda, tersedia juga Domain murah. Akan di bantu pemasangannya jika anda mengalami kesulitan tanpa di pungut biaya. Atau lihat selengkapnya Disini